oleh

Perpustakaan Gembira Desa Lakomea Raih Juara Pertama Nasional

-BOMBANA-204 dibaca

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Perpustakaan ‘Gembira’ Desa Lakomea, Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana meraih juara pertama lomba perpustakaan desa – kelurahan tingkat nasional tahun 2020.

Kadis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bombana, Akhmad Tona melalui Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaaran Membaca, Sulfia mengatakan, pemenang lomba diumumkan secara daring, Selasa 20 Oktober 2020.

“Atas dukungan pemerintah segala kelengkapan perpustakaan disiapkan dengan baik, seperti kelembagaan, gedung, perabot dan tenaga pustakawan serta koleksi buku ,” kata Sulfia, Rabu 21 Oktober 2020.

Dalam lomba ini, kata Sulfia, pihaknya juga melakukan pembinaan atas tata kelola perpustakaan ‘Gembira’ Desa Lakomea sehingga bisa menjadi perpustakaan terbaik nasional.

Dijelaskannya juga, layanan perpustakaan serta anggaran perpustakaan merupakan kerja sama antara pengelola perpustakaan dan pemerintah desa setempat.

Sulfia juga mengungkapkan, perpustakaan Desa Lakomea didirikan tahun 2016 dari Dana Desa (DD). Namun baru beroperasi pada tahun 2017 setelah menerima bantuan buku.

“Karena baru ada bantuan buku tahun 2017 dari perpustakaan daerah. Alhamdulillah kita bisa jadi yang terbaik,” pungkasnya.

Terkini