oleh

Perpusda Bombana Dorong Pengelolaan Perpustakaan Profesional

-BOMBANA-355 dibaca

Reporter : Hasrun

RUMBIA – Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bombana, Sulawesi (Sultra) terus mendorong Perpustaakan se-Bombana untuk mengelolah Perpustakaan dengan baik.

Kali ini dorongan tersebut dilakukan saat Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Perpustakaan di salah satu Hotel Bombana, Senin 7 Desember 2020.

Asisten 1 Sekretariat Daerah Bombana, Rahman mengatakan untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang berkualitas sebagaimana  yang diamanahkan UUD 1945, dimana pemerintah mengupayakan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing serta bermartabat.

“Hal itu harus dimulai dari peningkatan dan peran fungsi dari perpustakaan dan tenaga perpustakaan yang profesional,” katanya.

Kata dia, dari hal itu Bimtek ini dilaksanakan. Sebab, baik buruknya minat baca siswa dan masyarakat secara umum di Perpustakaan, tergantung dari pengelolaan program dari pengelola perpustakaan itu sendiri.

Sementara itu, Kadis Dinas Perpustaakan Bombana, Akhmad Tona Lebih mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu program nasional untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat. Katanya, berdasarkan data yang di rilis Unesco, dari 61 peserta Indonesia menempati posisi ke 60.

“Dari hal ini kita dapat melihat bahwa minat baca masyarakat Indonesia itu sangat rendah,” ujarnya.

Kegitan ini dibuka oleh Ketua Panitia Kegitan, Asmawati, dan dihadiri oleh 23 pengelola Perpustakaan, diantaranya 20 pengelola Perpustakaan Sekolah 1 pengelola Perpustakaan Organisasi Sepakat, dan Komunitas Baca serta perwakilan 1 pengelola Perpustakaan Desa Lakomea. (2).

Terkini