Permudah Informasi Publik, Bombana Buat Situs Informasi Covid-19

Reporter: Hasrun / Editor: La Ode Adnan Irham

RUMBIA – Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), membuat situs informasi khusus layanan informasi Covid-19, yang diresmikan di Gedung Serba Guna, Jum’at 10 April 2020.

Juru Bicara Satgas Covid – 19, Heriyanto mengatakan, layanan itu dapat diakses tim satgas dan masyarakat umum lainnya. Sistim itu memudahkan tim di semua tingkatan dalam pelaporan Covid-19.

“Karena semua pelaporan menggunakan gawai. Sistim ini juga memberikan informasi kepada publik secara cepat terupdate terkait Covid -19,” jelas Hariyanto.

Setiap detik masyarat dapat mengetahui informasi perkembangan penyebaran Covid – 19 di Bombana. Tak hanya itu, jumlah orang masuk di wilayah itu juga akan terpantau melalui sistem ini.

Ia menjelaskan, Satgas memiliki jejaring hingga tingkatan dusun. Mereka bekerja memantau pintu masuk lalu akan dibuat laporan manual yang diinput admin di desa.

“Admin umum menginput identitas orang. Setelah masuk ditindaklanjuti oleh tenaga kesehatan desa. Kalau bukan perawat ada bidan,” kata Heriyanto.

Selanjutnya, tenaga kesehatan akan memeriksa yang bersangkutan, apakah ada gejala batuk, demam dan lainya. Setelah itu katanya, akan diinput oleh Surfelens kecamatan.

Lanjutnya, sistim ini juga akan updet dengan sendirinya terkait waktu karantina seseorang. Bahkan sistim bisa mencatat dengan sendirinya, 14 hari masa karantina akan hilang akan hilang sendiri.

Untuk mengetahui sistim tersebut, masyarakat dapat mengakses melaui http://covid19.bombanakab.go.id

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda