oleh

Mall Pelayanan dan Gedung Perpustakaan, Kado Istimewa HUT-17 Kabupaten Bombana

Reporter : Hasrun
RUMBIA – Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Bombana ke -17 tahun digelar dengan secara hikmat di Halaman Kantor Bupati Bombana Jum’at 18 Desember 2020, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di momen emas ini, Bupati Bombana Tafdil mengajak semua pihak untuk terus berusaha menyatukan tekad dalam menjadikan Kabupaten Bombana sejahtera dan menjadi kebanggaan masyarakat.

“Kita merekonstruksi mana hal yang baik yang perlu kita pertahankan, serta mana hal yang harus segera diperbaiki untuk itu mari kita bergandengan tangan dalam harmoni yang saling menguatkan satu sama lain,” tegas Tafdil.

Bupati Bombana, H. Tafdil dan Anggota DPD RI, Hj Andi Nirwana Sebbu, pada kegiatan HUT 17 Bombana.

Bupati Bombana dua periode ini menyebut, kebersamaan adalah kekuatan yang diharapkan mampu menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangan serta persoalan dalam berbagai sektor pembangunan.

Untuk mencapai hal tersebut perlu komitmen seluruh pemangku kepentingan pemerintah dan dukungan semua pihak demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan bertumbuhnya daya saing perekonomian.

Selain itu, meluasnya aktivitas masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh.

Pemkab Bombana Terus Berupaya Untuk Kepentingan Masyarakat.

Dalam 17 tahun kehadirannya setelah berpisah dari Kabupaten Buton, Pemerintah Kabupaten Bombana telah melaksanakan berbagai upaya untuk kepentingan masyarakat.

Upaya terseubut diantaranya dilakukan melalui peningkatan pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pemerintah mengalokasikan anggaran dan fokus pada penanganan Covid -19.

Pencegahan dan penanganan situasi pendemi terus dilakukan untuk menjaga stabilitas perekonomian di tengah situasi masyarakat, melalui pemberian bantuan sosial bagi masyarakat.

Bupati Bombana, saat memotong pita launching aplikasi Amart Regency pada sela acara peringatan HUT 17 Bombana.

Poltisi PAN ini juga menuturkan, upaya pemerintah terus dilakukan agar lingkungan desa dan kelurahan serta kecamatan senantiasa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dengan baik.

“kami tetap berkomitmen menjalankan program-program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah,” terangnya.

Gedung Perpustakaan Jadi Kado HUT 17 Bombana.

Gedung Perpustakaan Daerah Bombana dengan konstruksi bangunan lantai dua diresmikan Kepala Perpustakaan RI, Muhammad Syarif Bando pada 16 Desember 2020.

Rampungnya pembangunan gedung pusat ilmu pengetahuan tersebut menjadi kado hari ulang tahun ke-17 Kabupaten Bombana. Perpustakaan ini menjadi sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca.

“Kita punya Mall Pelayanan, Perpustakaan juga bisa jadi disana. Jadi masyarakat yang datang mengurus, sambil menunggu ia bisa membaca,” kata Tafdil.

Pasukan upacara yang membawa bendera Kabupaten Bombana.

Ia menyebut, perkembangan teknologi tidak bisa dihindari, sehingga dirinya akan mendorong agar akses membaca buku di perpustakaan bisa dilakukan melalui jaringan internet atau android.

Pasangan legislator DPD RI, Andi Nirwana ini menuturkan, masyarakat di daerah itu menggunakan HP selama 9 Jam. Sehingga, menjadi tantangan agar 9 jam tersebut digunakan untuk membaca.

“Coba kita gunakan sembilan jam itu untuk membaca, akan banyak pengetahuan yang kita ketahui,” ungkapnya.

Trasparansi keuangan berbuah prestasi tujuh kali WTP dari Kemenkeu RI

Daerah yang kini dipimpin Bupati dan Wakil Bupati, H Tafdil dan Johan Salim ini dalam usianyanya ke -17 tahun, terus menunjukan kinerja yang baik, yang bahkan membuahkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Perbaikan sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bombana sudah tujuh kali diganjar penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian – WTP dari Kementerian Keuangan RI.

Tidak berhenti disitu, perbaikan sistem pemerintahan juga terus dilakukan dengan terobosan berupa hadirnya pusat layanan pemerintah yang memudahkan masyarakat, yang dinamai Maal Pelayanan Pablik – MPP.

Mall pelayanan publik ini merupakan pusat layanan pertama yang digagas Pemda diseluruh jazirah Sulawesi Tenggara (Sultra) dan kini telah dicontoh oleh banyak daerah lainnya.

Di mall tersebut, berbagai macam OPD dan Instansi vertikal menyatu memberikan pelayanan, seperti Kepolisian Polres setempat juga memiliki gray untuk memberikan pelayanan SIM dan pembuatan SKCK terhadap warga.

Untuk OPD dan instansi vertikal yakni Samsat, Polres, Bank BPD, Kantor Pos, Kantor Pertanahan, Kantor Perpajakan dan Kantor BPJS Kesehatan.

Sementara untuk Opd tekhnis terdiri dari PTSP, Perindagkop, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Transnaker, BKD Keuangan dan Catatan Sipil. Dengan jumlah loket pelayanan yang ada didalam MPP ini berjumlah 14 dengan 122 jenis pelayanan.

Pabrik Gula Membuka Lapangan Kerja di Bombana

Perusahaan gula terbesar di Indonesia Timur PT Jhonlin Batu Mandiri group telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Kehadiran pabrik itu memberikan harapan besar karena mampu menyerap ribuan tenaga kerja.

“Kedepannya dengan hadirnya industri gula tersebut diharapkan indeks pembangunan manusia dapat meningkat. Terimakasih buat semua pihak, semua bisa tercapai kerena dukungan semua pihak. Dirgahayu ke -17 Kabupaten Bombana,”pungkasnya. (Adv)

Terkini