Kuatkan Nasionalisme, Pemuda Bombana Diminta Amalkan Pancasila

Reporter: Hasrun

RUMBIA – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Beangga Harianto mengajak para pemuda di daerah tersebut untuk mengamalkan nilai pancasila dalam kehidupan keseharian.

Ajakan itu disampaikan Beangga saat membawakan materi pada seminar dan talk show kepemudaan bertema ‘Peran Pemuda Dalam Pengakaran Ideologi Pancasila’ di Auditorium Tanduale Kantor Bupati Bombana, Kamis 27 Februari 2020.

Dijelaskanya, pancasila mengajarkan masyarakat untuk hidup toleransi dalam beragama, hidup bermasyarakat dengan beradab dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hati.

Menurutnya, dalam sejarah kehidupan berbangsa, peran pemuda sangat signifikan, untuk menjadi pendorong perubahan Bangsa. Untuk itu, pemuda masa kini harus juga menjadi perubahan bangsa.

“Setiap poin pancasila memiliki nilai-nilai yang urgen untuk di amalkan generasi muda, hari ini dan yang akan datang. Pancasila jangan hanya sebatas definisi, sedangkan realisasinya tidak ada,” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman menuturkan, semangat nasionlisme sangat penting dimiliki para pemuda. Tujuannya, untuk mencegah perpecahan atas perbedaan suku, agama, ras dan budaya.

“Kalau semua memiliki nasionalisme, maka keutuhan NKRI akan semakin kuat. Apalagi berkembangnya paham radikal di tanah air, menjadi tantangan besar bagi pemuda. Sehingga penguatan indeologi dasar berbangsa perlu dilakukan,” ujarnya.

iklan bersama melawan covid-19

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI