oleh

Jalan Desa Lantowonua di Bombana Segera Diaspal

-BOMBANA-196 dibaca

Reporter : Hasrun.

RUMBIA – Pegerjaan peningkatan jalan poros Desa Lantowonua, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana rencananya dilakukan pada Maret tahun 2021. Desa Lantowonua sendiri merupakan salah satu desa yang terletak di tengah ibu kota Bombana.

“Saat ini kita sementara susun proses perencanaan, jika berjalan dengan baik insa Allah bulan tiga sudah bisa mulai pengerjaan fisiknya,” ungkap Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bombana, Syamsuar Jum’at 15 Januari 2021.

Kata dia, pengerjaan peningkatan jalan di Desa Lantowonua menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2,384 miliar.

“Kita perioritaskan badan jalan, tetapi kita liat jika ada titik jalan yang membutuhkan bangunan pendukung, seperti taluk dan drainase kita akan alokasikan untuk kegiatan itu. Tapi perioritas badan jalan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sebelum itu pihak PUPR sudah mengusulkan anggaran kurang lebih empat miliar rupiah untuk jalan di Desa Lantowonua. Tetapi karena keterbatasan anggaran, anggaran yang dialokasikan hanya sebesar Rp 2,3 miliar lebih.

“Dengan anggaran tersebut, bisa dapat pengerjaan jalan sampai dengan panjang 1,4 kilometer. Sementara panjang jalan di desa tersebut lebih kurang 2 kilometer,” ujarnya.

Ia menambahkan pengerjaan peningkatan jalan tersebut dimulai dari pintu masuk di Desa Lantowonua menuju ke perkampungan. Pihaknya juga akan kembali mengingatkan pemerintah desa ataupun masyarakat, terkait dengan pembebasan yang dihibahkan untuk mendukung pembangunan jalan aspal di desa tersebut.

“Kemarin kita minta delapan meter. Kalaupun tidak dibangun drainase, kita siapkan memang. Pembangunan jalan itu pasti belum tuntas, berati akan ada kelanjutan. Kalau sekarang kita fokus jalan aspal, kedepannya drainase,” pungkasnya. (b).

Terkini