Gugus Tugas Bombana, Ambil Sampel Swab Warga di Dua Belas Kecamatan

Reporter : Hasrun/Editor: Indi La’awu

RUMBIA – Ratusan warga Bombana dari 12 kecamatan diambil sampel swabnya  oleh Gugus Tugas percepatan penananganan Covid – 19 Bombana, Kamis 21 Mei 2020.

Pengambilan Swab dilakukan secara serentak oleh tim medis ditiga zona, yakni Zona Rumbia, Kabaena dan Poleang.

Zona Poleang bertempat di Desa Laea, Zona Rumbia di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Zona Kabaena di  Desa Tedubara dan Mapila.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid – 19 Bombana, Heryanto memaparkan, untuk Kecamatan Rumbia sebanyak 25 warga yang diambil sampel swabnya. Rumbia Tengah 65 orang, Rarowatu 18 orang, Rarowatu Utara 22 orang, Poleang Selatan 16 orang, Poleang Tengah 5 orang, Poleang Utara 15 orang, Kabaena Utara 24 orang, Kabaena Timur 9 orang,  Mataoleo 30 orang,  Lantari Jaya 7 orang, dan Kecamatan Poleang dua orang.

“Total 238 orang, ditambah dengan Rusun Awa sekitar 300-san orang,” kata Heryanto.

Dijelaskannya, warga yang diambil swabnya terbagi tiga klasifikasi, yakni kontak erat klaster Dorolonda, dan klaster Temboro Magetan Jawa Timur dan klaster KM Ngapulu.

Ia menuturkan, pengambilan swab dilakukan oleh tenaga medis Gugus Tugas Covid – 19 Bombana yang telah dilatih.

“Tapi ada yang datang dari Dinas Kesehatan Provinsi  Sultra bawa alatnya. Sedangkan yang ambil swabnya medis kita,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sampel swab warga daerah itu akan dikirimkan ke Kota Makassar untuk pemeriksaan PCR Virus Corona.

Ia menghimbau agar warga daerah itu tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam pencegah penyebaran Covid – 19.

“Tetap dirumah, jika harus keluar rumah harus menggunakan masker. Jaga jarak dan mencuci tangan setiap saat,” pungkasnya. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda