oleh

Dikritik Karena Warganya Tidak Dapat BLT, Ini Penjelasan Sekdes Talabente

Reporter: Hasrun / Editor: Kang Upi

RUMBIA – Warga desa sejumlah desa di Kabupaten Bombana saat ini tengah gembira karena Pemda mengucurkan Batuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Aggaran Pendataan Belanja Daerah (APBD).

Namun sayangnya, kegembiraan itu belum dirasakan warga di Desa Persiapan Talabete, Kecamatan Rumbia, karena hingga saat ini belum ada tanda-tanda pengucuran BLT tersebut.

Pramuka

Padahal, warga di Desa Persiapan Talabente juga terdampak covid-19 dan tidak seluruhnya tergolong mampu. Saat ini warga juga menjalani social distanching sehingga tidak leluasa mencari pundi – pundi rupiah.

Dikritik atas lambannya gerak Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengurus BLT bagi warganya, Sekretaris Desa, Lukman, SE.i menuturkan, pihaknya sudah menyetorkan nama warga calon penerima BLT ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Bombana.

“Waktu dia ketemu saya pak Seklur, sudahmi saya setor itu datanya. Dia tanya dimana saya setor, saya sampaikan di Dinsos sama nakertrans,” ujar Lukman saat ditemui MEDIAKENDARI.com.

Namun sayangnya, kata Lukman, hingga saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Dinsosnakertrans terkait nama warga calon penerima BLT yang telah disetorkan tersebut.

“Saya sudah SMS pegawainya di Nakertrans yang terima itu datanya, katanya dia sudah input di sekretariat. Tinggal sekretariat yang tentukan. Kalau di Dinsos sampai hari ini belum ada pemberitaan,” jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kelurahan Lameroro selaku wilayah induk bagi Desa Persiapan Talabete dalam proses pendataan bantuan, menjelaskan bahwa keterlambatan itu akibat kendala Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Hal itu sebagaimana diungkapkan Lurah Lameroro Surniati Basri, bahwa dirinya sudah memberitahukan Sekdes Desa Talabente untuk segera menyetorkan nama warganya yang akan diberi BLT dari kabupaten.

“Waktu datang pak camat dia kasi tau kita jangan lupa Talabente. Setelah itu Seklur, sampakan ke Sekdes Talabente untuk tuliskan nama-nama warganya. Katanya Pak Sekdes terkendala sama NIK,” kata Surniati Basri, Sabtu, 16 Mei 2020.

Surniati  juga menuturkan, setelah keluar nama warga calon penerima BLT Kabupaten Bombana, dirinya mencari nama – nama warga Talabente, namun tidak menemukan satu pun nama warga desa tersebut.

“Saya tidak tau apakah sudah dia bawa datanya atau belum. Kecuali BST dari pusat ada beberapa orang dari Talabente yang ada namanya,” ungkap Surniati.

Dirinya juga menegaskan, bahwa pihaknya melalui Sekretaris Lurah telah meminta Sekretaris Desa Talabente untuk segera menyetorkan nama – nama warga calon penerima BLT tersebut.

“Ditunggu ji itu hari sama pak Sekcam, kan dikasi tau kalau terlambat bisa langsung dia bawa ke dinsos. Seklur sampaikan itu lagi, kalau terlambat langsung bawa ke kacamatan karna Sekcam yang akan input langsung ke Dinsos,” pungkasnya.

Terkini