oleh

Diguyur Hujan Semalaman, Puluhan Rumah Warga di Bombana Terendam Banjir

Reporter: Hasrun

RUMBIA – Banjir merendam puluhan rumah warga di Desa Tunas Baru dan Kelurahan Aneka Marga di Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana pada Sabtu 16 Mei 2020.

Dikonfirmasi MEDIAKENDARI.com, Lurah Aneka Marga, Yudarni S, Ag menjelaskan, bahwa banjir mulai merendam rumah warga sejak subuh, akibat hujan deras sejak semalam, Jum’at  15 Mei 2020 malam.

Pramuka

“Banjir terjadi sekitar subuh tadi, tinggi air sekitar satu meter,” jelas Yudarni S, Ag ditemui saat memantau banjir di wilayahnya.

Menurutnya, banjir tersebut terjadi akibat durasi hujan yang lama dan mengecilnya dranase yang ada di wilayahnya tersebut. Sehingga drainase yang ada tidak mampu menampung debet air.

“Tahun sebelumnya biasa juga banjir, tapi barusan besar seperti ini,” terang Yudarni S, Ag.

Dirinya berharap, pemerintah daerah bisa melakukan normalisasi sungai yang ada di wilayah itu, agar saat hujan kembali mengguyur wilayah itu tidak masuk ke pemukiman warga.

“Kami harpakan normalisasi kali karena sudah terlalu sempit sehingga rumah penduduk terendam air,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Tunas Baru, Baharuddin Tola, bahwa banjir melanda wilayahnya sejak sabuh. Meski demikian, air yang meremdam puluhan rumah warga di wilayahnya sudah mulai surut.

Dijelaskannya juga, saluran perbatasan di Kecamatan Rarowatu Utara dan Lantari Jaya perlu diluruskan, agar tidak menumpuk di pemukiman warga jika hujan lebat.

“Perlu adanya pelurusan, kan berliku – liku salurannya. Rata -rata yang kasi banjir air dari Desa Wumbangka dan SP 3. Di Tunas Baru tambak juga ikut meluap, air di atas pematang tambak,” ucapnya.

Untuk kerugian masyarakat, kata Baharuddin Tola, pihaknya belum mendata berapa jumlahnya, namun dipastikan adanya kerugian dari puluhan rumah warga di wilayah yang terendam air.

Terkini