oleh

Antisipasi Cuaca Buruk, Dewan Bombana Minta Dishub dan Syahbandar Evaluasi Kelayakan Operasi Kapal

-BOMBANA-250 dibaca

Reporter : Hasrun

RUMBIA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bombana, Iskandar meminta pihak Dinas Perhubungan (Dishub) dan Syahbandar Bombana lebih aktif meproteksi kapal yang akan berlayar serta mengevaluasi kelayakan operasi dan pelayanan sejumlah alat transportasi.

Pasalnya, kondisi cuaca di Bulan Desember ini tidak mudah di prediksi. Angin yang kencang dapat membuat ombak dilautan besar dan bisa saja dapat membahayakan para penumpang angkutan laut.

“Yang tidak kalah penting adalah kelayakan operasinya. Kalau tidak memenuhi syarat, jangan dulu dikasih operasi. Apakah kapal – kapal tersebut didukung dengan alat pendukung keselamatan atau tidak ini yang harus di evaluasi,” kata politisi PKB Bombana itu.

Menurut Ketua PKB Bombana ini, dinas terkait harus lebih aktif melakukan pengawasan jasa transportasi laut guna menjamin menjamin keselamatan penumpang di musim angin.

“Contoh sekarang Itu kapal yang ke sini (Kabaena- Kasipute) belum tiba. Dan ini di samping keras angin mesin kapalnya katanya juga macet-macet,” kata mantan komisioner KPU Bombana ini.

Selain itu, pemerintah juga harus menyediakan armada laut yang siap melakukan evakuasi ketika terjadi hal yang tidak di inginkan di tengah laut.

“Kemudian mengenai jadwal keberangkatan kapal harus sesuai prediksi cuaca, dan dipastikan pemberangkatanya sudah sesuai waktu yang telah di tetapkan agar tiba pada waktu tepat,” ucapnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat daerah itu tidak melaut jika kodisi cauaca buruk.

“Apabila tidak terlalu penting dan mendesak jangan dulu bepergian melalui jalur laut utamanya saat cuaca sangat buruk,” pungkasnya. (b).

Terkini